Dialog Cakil Dalam Adegan “Perang Kembang” Wayang Orang ( artikel 13 )

Bambangan cakil - sri wisnuTokoh Cakil ternyata tidak ditemukan baik di cerita Mahabharata dan Ramayana India. Dapat disimpulkan bahwa tokoh Cakil hanya ada dalam cerita Mahabharata dan Ramayana (Klamarica) Indonesia.

Dalam Pertunjukan Wayang Kulit Purwa Semalam suntuk kita bisa menemukan tokoh ini dalam adegan Perang Kembang Pathet 9. Di dalam adegan ini biasanya diceritakan bahwa Cakil sedang menjaga tapal batas sebuah kerajaan tertentu, dan tidak diperbolehkan siapapun yang melewatinya. Berikut cuplikan dialog yang biasa terjadi antara Cakil dan Tokoh Bambangan.

Cakil: “E ladalah, sasuwene aku pacak baris ing alas iki, ana satria bagus, baguse uleng-ulengan, dedege ngringin sungsang, lakune njungkar angin. Ayo ngakua, ngakua, ngaku! Sapa jenengmu, endi omahmu, endi omahmu, sapa jenengmu?”

Satria: “Buta, buta pantes temen sesipatanmu, dene takon tanpa parikrama, ucapmu cariwis, tanganmu surawean kaya wong ngegusah.”

Cakil: “E.. Babo, ladak lirih satria iki!”

Saria: “Apa abamu! Buta, sapa pracekamu lan ing ngendi dhangkamu.”

Cakil: “E… Ditakoni durung sumaur malah genti takon”

Satria: ”Jamak lumrah wong tetakon ganti pitakon”

Cakil: “Iya, yen kowe takon marang aku, aku andeling praja Girikadasar, Tumenggung Ditya Klanthangmimis, balik kowe sapa jenengmu lan ngendi pinangkamu?”

Satria: “Yen jeneng ora duwe, yen kekasih ndakwangsuli.”

Cakil: “Nyata ladak satria iki! sapa kekasihmu.”

Satria: “Ya iki satria ing Tanjunganom, Raden Angkawijaya kekasihku”

Cakil: “Sumedya marang endi lakumu?”

Satria: “Ngetut tindaking suku, nuruti kareping budi”

Cakil: “E..Ladalah! Yen kena ndak eman becik balia, aja mbacut, halaran alas iki lagi dadi sesengkerane gustiku, yen ana janma liwat kudu bali.”

Satria: “Aweh ya mbacut, ora aweh ya mbacut.”

Cakil: “E..Bojleng-bojleng belis laknat jeg-jegan! Apa wani marang aku?”

Satria: “Kang ndak wedeni apamu”

Cakil: “E, lah keparat. Kekejera kaya manuk branjangan, kopat kapita kay ula tapak angin, kena ndak saut, ndak sabetake, sida sumyur kwandhamu.”

Satria: “Mara dikepara ngarsa.”

Setelah terjadi peperangan antara Cakil dan tokoh Bambangan, akhirnya Cakil selalu tertusuk oleh keris nya sendiri (senjata makan tuan). Makna filosofisnya  bahwa kita semua harus selalu berhati-hati dan waspada terhadap apapun, termasuk waspada dengan diri kita sendiri.

This entry was posted in cakil, kalamarica, mahabharata, ramayana, wayang kulit, wayang orang, wayang purwa, wayang wong and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s