Belajar Gerak Dasar Cakil – “Perang Kembang” dalam Wayang Kulit Purwa (artikel 8)

cakil - sri wisnuWayang adalah salah satu budaya bangsa Indonesia.  Dari sabang sampai merauke terdapat banyak sekali jenis wayang. Ada wayang bali, wayang sasak, wayang Kancil, dan juga wayang kulit purwa. Dalam hubungannya dengan tokoh Cakil, hanya dalam wayang kulit purwa kita bisa menemui tokoh ini.

Dalam pertunjukan wayang kulit purwa semalam suntuk terdapat beberapa adegan yang biasanya dilakukan oleh para dalang, salah satunya adalah adegan Perang Kembang. Di dalam adegan ini kita bisa melihat seorang pemuda (bambangan) biasanya sedang mempunyai tujuan tertentu (bertapa, mencari wahyu, dll). Dalam pencarian tersebut si pemuda senantiasa diganggu dan digoda oleh permasalahan duniawi yang disimbolkan dengan adanya Buto Cakil.

Cakil umumnya ditemani oleh tiga raksasa yang berwarna tiga macam. Hal ini terkadang dihubungkan dengan simbolisasi nafsu-nafsu manusia, yakni nafsu amarah, aluamah, supiah, dan mutmainah. Cakil digambarkan sebagai raksasa yang lincah, mahir pencak, dengan gaya berkelahi yang diselingi tarian yang khas. Yang jelas dalam perang ia selalu mati terkena keris pusakanya sendiri. Cakil juga bisa diartikan sebagai tokoh yang gigih, dan setia pada tugas sampai titik darah penghabisan.

Video ini berisi gerak dasar Cakil dalam adegan Perang Kembang dalam bentuk wayang kulit purwa.

 

(penulis: Anggara SW)

This entry was posted in cakil, kalamarica, mahabharata, ramayana, wayang kulit, wayang orang, wayang purwa, wayang wong and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s